Jumat, 25 April 2014

Asupan Makanan Agar Gigi Sehat


Makanan Untuk Kesehatan Gigi
Kesehatan Gigi

Kebanyakan orang  tak pernah berpikir bahwa makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi  dan berperan menjadi salah satu cara jaga kesehatan gigi setiap orang. Mereka pikir hanya dengan menggosok gigi setiap hari dan berkumur semua sudah beres. Hal itu salah besar,untuk melawan sakit gigi dan membunuh bakteri dibutuhkan beberapa asupan beberapa jenis makanan diantaranya :
1.    Cranberri
Kandungan mineral dalam buah ini merupakan pelindung bagi gigi untuk memblok tinggalan noda yang dibuat oleh saus, kopi, anggur merah atau kola. Cranberri juga dapat menghambat ezim-enzim yang dibutuhkan bakteri jahat untuk bisa hidup di gigi, juga mencegah timbulnya plak penyebab karang gigi.
2.    Wortel
Makanan ini dapat meningkatkan produksi saliva yang pada akhirnya akan mencuci mulut, mengurangi germ dan bakteri. Wortel juga bermanfaat mencegah bakteri yang menyerang gigi. Konsumsi wortel mini setiap hari akan membantu gigi untuk membilas sisa-sisa makanan dan bekteri yang terjebak dalam gigi.
3.    Limau, Jeruk Limun, dan Jeruk
Kandungan vitamin dosis tinggi yang terdapat dalam buah sitrus efektif membunuh bakteri yang terbentuk oleh gula, pecahan makanan dan plak yang tertinggal di gigi. Vitamin di dalam sitrus juga mendukung fungsi kolagen yang sehat di dalam gusi dan mencegah munculnya sakit gigi.
4.    Yogurt
Saat ph dalam mulut di atas 5,5, meningkatnya asam akan  menyebabkan gigi mengalami demineralisasi. Proses ini bakal membuat gigi menjadi busuk. Konsumsi  satu sendok makan yogurt dapat mengembalikan kadar pH dalam mulut menjadi normal menjadi  7. Kandungan fosfat, kalsium dan kasein dalam yogurt juga  akan membantu remineralisasi ini terjadi. Konsumsi yogurt yang tidak manis, rendah lemak merupakan cara terbaik memelihara gigi.
5.    Buah Anggur
Buah anggur meningkatkan kadar darah dan kemampuan tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Konsumsi dua buah anggur sehari akan menyelamatkan gigi dari perdarahan gusi. Apalagi kalau lebih dari dua buah.
6.    Teh Hijau
Kandungan  antioksidan katekin di dalam teh hijau mampu  mencegah terjadinya lubang gigi yang disebabkan oleh bakteri, serta mengurangi bau mulut. Akhiri makan dengan secangkir teh hijau untuk menyegarkan mulut Anda dan membantu ludah menghilangkan gula dan bakteri dalam mulut.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 20.37 Kategori:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sahabat Blogger