Selasa, 29 April 2014

Cara Penyimpanan Madu

Cara Penyimpanan Madu
Cara Penyimpanan Madu
Madu dikenal sebagai cairan kuning kental keemasan yang kaya manfaat. Sifatnya yang alami dan tidak beracun memungkinkan madu dapat dikonsumsi kapan dan oleh siapa saja. Meski dapat disimpan dalam jangka waktu yang relatif lama, kualitas madu bisa saja menurun apabila tidak memperhatikan cara penyimpanannya.
Berikut ini beberapa  cara penyimpanan madu yang benar  :
1. Simpan di kulkas
Madu yang baik memiliki masa penggunaan yang lama. Walau begitu, menyimpannya dalam kulkas akan mempertahankan kualitas madu. Terutama bila wadah madu sudah dibuka. Menyimpan di kulkas, mencegah organisme atau proses merugikan terjadi pada madu.
2. Hindarkan dari sinar matahari
Sinar matahari membuat madu berwarna hitam. Kondisi ini menurunkan kualitas madu. Warna hitam dihasilkan dari proses oksidasi akibat sinar matahari. Sebaiknya madu disimpan dalam wadah tertutup dan terlindung sinar matahari. Hal ini mempertahankan kualitas madu hingga bertahun lamanya.
3. Sebaiknya gunakan sendok plastik
Dalam penggunaannya, madu sebaiknya dituang di atas alat makan berbahan plastik. Hindari penggunaan sendok berbahan logam untuk mencegah reaksi mineral dengan madu. Sendok dari logam akan memancing reaksi antara mineral pada madu dan alat makan tersebut. Hal ini bisa dibuktikan dengan merendam sendok semalamam dalam madu. Pada keesokan hari, madu akan berubah menjadi berwarna kehitaman akibat reaksi antara mineral dalam sendok dan madu.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 01.41 Kategori:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sahabat Blogger