Minggu, 04 Mei 2014

Prebiotik Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Prebiotik Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Prebiotik Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Banyak cara yang dapat dipakai untuk memperkuat kekebalan tubuh anak. Salah satunya yaitu konsumsi makanan yang mengandung prebiotik. Selain  aman, prebiotik dapat menumbuhkan bakteri baik pada sistem pencernaan dan mencegah timbulnya alergi pada anak. Prebiotik dikenal sebagai bahan makanan yang dapat mendukung tumbuh kembangnya bakteri menguntungkan dalam sistem pencernaan. Sedangkan proboitik sendiri adalah kuman atau bakteri menguntungkan yang hidup di sistem pencernaan dan berfungsi menjaga kekebalan tubuh.
Prebiotik merupakan  makanan untuk kuman yang bermanfaat  disebut probiotik.  Jangan sampai  jumlah pprobiotik menurun di dalam tubuh. Konsumsi prebiotik sangat baik untuk memperkuat kekebalan terutama dalam saluran cerna. Bila kekebalan saluran cerna baik, kekebalan tubuh secara menyeluruh  juga akan baik. Selain berfungsi memelihara bakteri baik, prebiotik juga secara tidak langsung mampu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menekan risiko alergi. Suplai prebiotik yang cukup akan membuat pertumbuhan bakteri menguntungkan lebih baik. Dengan kondisi ini, keseimbangan antara sel limfosit T-helper yang berperan dalam merespon alergi dan infeksi juga akan tercapai,infeksi dan alergi akan seimbang.
Prebiotik dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan dan buah-buahan. Sumber dari makanan alami seperti gandum, bawang, pisang , bawang putih, madu, dan kacang-kacangan. Ada pula yang dalam bentuk lain atau ditambahkan dalam susu formula. Penambahan prebiotik FOS (frukto oligosakarida) dan GOS (galakto oligosakarida) dengan rasio 1: 9 dalam susu balita dapat memberi manfaat berarti bagi pertumbuhan dan kekebalan tubuh. Komposisi prebiotik unik ini dapat memberi banyak keuntungan mulai dari meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan menekan yang buruk, menguatkan dinding saluran cerna dengan keasaman usus yang lebih rendah dan pola asam lemak rantai pendek,  menurunkan insiden infeksi seperti ISPA maupun diare dan membantu proses pembentukan feses yang lunak dan pergerakan saluran cerna yang baik.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 19.00 Kategori:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sahabat Blogger